1.
Pemasaran
Pemasaran
adalah kegiatan analisis perencanaan pelaksanaan dan pengendalian
program-program yang telah dirancang secara cermat yang dibuat untuk
menciptakan tukar menukar sesuatu secara sukarela untuk mencapai sasaran sesuai
dengan tujuan organisasi.
Pemasaran
merupakan terjemahan dari bahasa Inggris, marketing. Cronin menyatakan bahwa
pemasaran berkaitan dengan usaha untuk memuaskan kebutuhan pelanggan atau
pembeli. Ini berbeda dengan prinsip penjualan yang sebetulnya hanya
menitikberatkan pada kebutuhan penjual saja.
Menurut Joyce A. Endinger, istilah pemasaran merujuk
pada manajemen yang efektif dari suatu organisasi dalam hubungan timbal balik
dengan publik yang beragam. Pemasaran memang bukan sekedar kegiatan iklan atau
promosi.
Dapat
ditarik kesimpulan bahwa pemasaran adalah kegiatan manajerial yang dilakukan
oleh suatu organisasi untuk menciptakan tukar-menukar antara pembeli dan
organisasi dengan cara yang efektif demi tujuan organisasi tersebut.
Dalam
konsep pemasaran, menurut Philip Kotler dan Allan R. Andreas beranggapan
seperti berikut ini :
1.
Untuk
pemasaran orang cukup menggunakan keahlian teknis, mengenai produk atau
kecakapan berkomunikasi.
2.
Dalam
menyelenggarakan pemasaran orang belum terikat pada suatu strategi yang
dianggap terbaik.
Dengan
upaya pemberian informasi, motivasi dan pelayanan terhadap pasar.
Sebenarnya
untuk konteks perpustakaan dapat dikatakan bahwa organisasi yang dimaksud
adalah perpustakaan sedangakan penjual adalah pustakawan dan
pembeli adalah pemakai perpustakaan. Sedangkan produk adalah semua
jenis atau semua layanan yang diberikan perpustakaan.
Dalam
konsep pemasaran dinamis, menurut Regis Mckena , terdapat tiga strategi pokok
yang harus dilakukan , yaitu :
1.
Meraih
posisi produk ( product positioning);
2.
Meraih
posisi pasar (market positioning);
3.
Meraih
posisi organisasi ( corporate positioning).
Untuk hal ini, yang dibahas pendekatan pasar. Salah satunya upaya
yang dilakukan untuk mencapai keberhasilan meraih posisi pasar yaitu :
1.
Memanfaatkan
komunikasi dari mulut ke mulut.
2.
Membina
infrasrtuktur pasar.
2. Pendekatan
Pasar
Dalam memimpin suatu organisasi
seperti perpustakaan dan pusat informasi pendekatan pasar mencakup proses
pengajuan pertanyaan dan informasi, ada empat katagori pendekatan pasar, yaitu
:
1. Target
Pasar
Mengidentifikasi apakah yang
menjadi target pasar dan pelanggan (pemustaka), nilai tambah apa yang dipilih
dan diperlukan. Harus mengetahui pesaing-pesaingnya, dan bagaimana produk
perpustakaan dipandang oleh target pasar yang berkaitan dengan pesaing.
2. Pemasaran
Internal
Dimana sebuah perpustakaan secara
efektif memotivasi dan melatih pustakawannya yang berhadapan dengan dengan
pemustaka, pustakawan harus berkerjasama dalam suatu tim yang secara konsisten
bertujuan memberikan kepuasan kepada pemustaka.
3. Pemasaran
Eksternal
Mengatur strategi produk atau
pelayanan apa yang diinginkan pemustaka, mempromosikan produk atau pelayanan
yang baru dan daya tarik apakah yang diberikan kepada pemustaka untuk
memanfaatkan informasi secara efektif.
4. Pemasaan
Interaktif
Mengidentifikasi kemauan target
pasar yang dapat ditaksir dan dinilai, hubungan personal dan sistem macam
apakah untuk memenuhi kebutuhan pemustaka.
DAFTAR PUSTAKA
Mustafa,
Badollahi. 1996. Promosi Jasa Perpustakaan. Jakarta: Universitas
Terbuka.
Diakses pada hari Senin, tanggal 21-09-2015 pukul 13:47 WIB.
No comments:
Post a Comment