Wednesday, September 30, 2015

Pendekatan Pasar Perpustakaan

1.      Pemasaran
   Pemasaran adalah kegiatan analisis perencanaan pelaksanaan dan pengendalian program-program  yang telah dirancang secara cermat yang dibuat untuk menciptakan tukar menukar sesuatu secara sukarela untuk mencapai sasaran sesuai dengan tujuan organisasi.
Pemasaran merupakan terjemahan dari bahasa Inggris, marketing. Cronin menyatakan bahwa pemasaran berkaitan dengan usaha untuk memuaskan kebutuhan pelanggan atau pembeli. Ini berbeda dengan prinsip penjualan yang sebetulnya hanya menitikberatkan pada kebutuhan penjual saja.
Menurut  Joyce A. Endinger, istilah pemasaran merujuk pada manajemen yang efektif dari suatu organisasi dalam hubungan timbal balik dengan publik yang beragam. Pemasaran memang bukan sekedar kegiatan iklan atau promosi.
Dapat ditarik kesimpulan bahwa pemasaran adalah kegiatan manajerial yang dilakukan oleh suatu organisasi untuk menciptakan tukar-menukar antara pembeli dan organisasi dengan cara yang efektif demi tujuan organisasi tersebut.
Dalam konsep pemasaran, menurut Philip Kotler dan Allan R. Andreas beranggapan seperti berikut ini :
1.      Untuk pemasaran orang cukup menggunakan keahlian teknis, mengenai produk atau kecakapan berkomunikasi.
2.      Dalam menyelenggarakan pemasaran orang belum terikat pada suatu strategi yang dianggap terbaik.
Dengan upaya pemberian informasi, motivasi dan pelayanan terhadap pasar.
Sebenarnya untuk konteks perpustakaan dapat dikatakan bahwa organisasi yang dimaksud adalah perpustakaan sedangakan penjual adalah pustakawan dan pembeli adalah pemakai perpustakaan. Sedangkan produk adalah semua jenis atau semua layanan yang diberikan perpustakaan.
Dalam konsep pemasaran dinamis, menurut Regis Mckena , terdapat tiga strategi pokok yang harus dilakukan , yaitu :
1.      Meraih posisi produk ( product positioning);
2.      Meraih posisi pasar (market positioning);
3.      Meraih posisi organisasi ( corporate positioning).
Untuk hal ini, yang dibahas pendekatan pasar. Salah satunya upaya yang dilakukan untuk mencapai keberhasilan meraih posisi pasar yaitu :
1.      Memanfaatkan komunikasi dari mulut ke mulut.
2.      Membina infrasrtuktur pasar.



2.   Pendekatan Pasar
Dalam memimpin suatu organisasi seperti perpustakaan dan pusat informasi pendekatan pasar mencakup proses pengajuan pertanyaan dan informasi, ada empat katagori pendekatan pasar, yaitu :
1.      Target Pasar
Mengidentifikasi apakah yang menjadi target pasar dan pelanggan (pemustaka), nilai tambah apa yang dipilih dan diperlukan. Harus mengetahui pesaing-pesaingnya, dan bagaimana produk perpustakaan dipandang oleh target pasar yang berkaitan dengan pesaing.
2.      Pemasaran Internal
Dimana sebuah perpustakaan secara efektif memotivasi dan melatih pustakawannya yang berhadapan dengan dengan pemustaka, pustakawan harus berkerjasama dalam suatu tim yang secara konsisten bertujuan memberikan kepuasan kepada pemustaka.
3.      Pemasaran Eksternal
Mengatur strategi produk atau pelayanan apa yang diinginkan pemustaka, mempromosikan produk atau pelayanan yang baru dan daya tarik apakah yang diberikan kepada pemustaka untuk memanfaatkan informasi secara efektif.
4.      Pemasaan Interaktif
Mengidentifikasi kemauan target pasar yang dapat ditaksir dan dinilai, hubungan personal dan sistem macam apakah untuk memenuhi kebutuhan pemustaka.


DAFTAR PUSTAKA
Mustafa, Badollahi. 1996. Promosi Jasa Perpustakaan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Diakses pada hari Senin, tanggal 21-09-2015 pukul 13:47 WIB.


No comments:

Post a Comment