Saturday, September 12, 2015

Belajar MySql ( membuat Database )

Membuat Database menggunakan Mysql ( CMD )

Oke sobat tejha kali ini admin akan membagikan sebuah tutorial yang sekiranya bisa bermanfaat terutama dikalangan mahasiswa seperti saya ini hehe :-) .

First, yang harus sobat ketahui ialah bahwa jjika sobat ingin bermain mysql sobat harus terlebih dahulu menginstall aplikasi xampp pada PC or Laptop sobat .

jika belum terinstal silahkan sobat search di mbah gogel banyak kok hehehe. lanjut ke tahap selanjutnya, jika teman-teman sudah menginstall xampp selanjutnya jalankan aplikasi xampp sobat dan klik start pada Apache dan Mysql seperti gambar dibawah ini

   jika sudah mengaktifkan yooook mari kita lanjooot ke tahap berikutnya :-) :-)

okey lanjut ya sobat tejha. simple aja dah lansung ke inti-inti oke :-)
setelah runing Apache dan Mysql silahkan sobat buka CMD. kalau mau cepat silahkan tekan gambar tombol windows di keyboard + R tuliskan CMD dan enter. Tampilannya seperti dibawah ini bila sudah terbuka :
jika sudah terbuka silahkan ketikkan : cd\xampp\mysql\bin kemudian tekan enter. angkan muncul seperti gambar dibawah ini
setelah seperti gambar diatas, ketikkan lagi mysql -u root kemudian enter . makan muncul seperti ini
Setelah tahap-tahap diatas berhasil di eksekusi, kita lanjut ke tahap selanjutnya yaitu membuat database

pertama ketik create database nama database yang sobat mau kemudian diakhiri ; (titik koma). contoh : create database teja; setelah berhasil silahkan ketik show databases; jangan lupa titik koma( ; ). setelah itu akan muncul database-database yang ada . kalau ada yang sobat buat tadi berarti sukses.


untuk selanjutnya admin akan mengupload cara membuat table dan berbagai macam kode yang dipakai. jadi ditunggu dulu yah :-)

No comments:

Post a Comment